Rumah Adat Tongkonan Merupakan Rumah Adat Suku Toraja Terdapat Di Sulawesi

Arsitek William Rumah Adat Tongkonan Toraja

Toraja Sejarah Perkembangan Rumahadatsukutoraja

Sukutoraja Sejarah Kebudayaan Dan Adat Istiadat

Sebagain besar suku toraja menempati di kabupaten tana toraja dan merupakan kabupaten di provinsi sulawesi selatan. ibu kota kabupaten ini adalah makale. jika memiliki kesempatan untuk berkunjung ke tana toraja, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi rumah adat toraja yang sangat terkenal. Adat istiadat selain tongkonan, suku toraja memiliki adat istiadat dan budaya lain. diantaranya: 1. upacara mangarara banua, berfungsi untuk meresmikan rumah (tongkonan) sebelum ditinggali. 2. tarian pagelu, tarian yang diikuti oleh wanita toraja dalam mengiringi upacara mangrara banua yang diiringi oleh tabuhan gendang. Mungkin dari semua rumah adat di sulawesi, rumah tongkonan milik suku toraja inilah yang paling dikenal. atap rumahnya yang paling menonjol, yaitu berbentuk perahu yang terbuat dari susunan bambu. yang menjadi ciri khas dari rumah adat suku toraja ini adalah pada ujung atapnya terdapat kepala kerbau dan tanduknya dan tersusun memanjang ke atas. Tana toraja adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi sulawesi selatan. jika berkesempatan mengunjungi tana toraja, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi rumah adat toraja yang sangat terkenal. karena ternyata, bukan hanya alamnya yang menakjubkan saja yang dapat dibanggakan dari tana toraja, tetapi juga masyarakat dan budayanya.

Apalagi bagi suku toraja, rumah tongkonan dianggap sebagai lambang dari seorang ibu sedangkan lumbung padi yang biasanya dibangun di depan rumah ini dilambangkan sebagai seorang ayah. berikut 3 bagian rumah adat toraja serta fungsinya masing-masing. rattian banua; ini merupakan bagian atas atau loteng rumah. Masyarakat toraja mengenal dua golongan rumah, yaitu banua tongkonan (rumah adat) dan banua barung-barung (rumah pribadi atau rumah biasa). tongkonan adalah rumah tempat tinggal sekaligus tempat menjalankan fungsi dan peranan penguasa adat, sehingga kerap disebut rumah adat. barung-barung merupakan tempat tinggal keluarga yang bukan penguasa.

Nama Rumah Adat Toraja Dan Penjelasannya Lengkap

Desa adat dalam kompleks rumah adat terdapat beberapa tipe unit bangunan yang masingmasing mempunyai ukuran, bentuk dan lain-lain elemen arsitektural berbeda. secara garis besar, dari segi fungsinya, terdapat dua jenis bangunan adat berbeda. tongkonan atau rumah untuk tempat tinggal dalam arti tidur, makan, istirahat, di mana pada umumnya mempunyai tado'-tado' (teras depan), tado' (ruang…. Dua tipe rumah yang dimiliki oleh suku tongkonan, yang pertama seperti yang telah dijelaskan di awal yaitu rumah tongkonan. yang kedua adalah rumah banua barung-barung atau yang biasa dikenal dengan rumah pribadi dan rumah biasa. rumah tongkonan merupakan rumah adat toraja yang masih dipegang teguh oleh masyarakat tana toraja sampai saat ini.

Rumah Adat Tongkonan Asal Daerah Toraja Sulawesi Selatan

Rumah adat sulawesi selatan rumah tongkonan adalah rumah adat bagi masyarakat suku toraja dan telah ditetapkan sebagai rumah adat sulawesi selatan. rumah adat ini sangat terkenal bahkan sampai ke penjuru dunia karena keunikan arsitektur serta nilai nilai filosofis yang terkandung di dalamnya.

Rumahadatsulawesi Selatan Nama Gambar Dan Penjelasan

23. rumah adat sulawesi selatan rumah adat sulawesi selatan bernama rumah tongkonan. rumah adat satu ini sudah sangat populer hingga ke seluruh dunia karena arsitektur dan bentuknya yang sangat unik. atap dari rumah khas masyarakat suku toraja rumah adat tongkonan merupakan rumah adat suku toraja terdapat di sulawesi ini berbentuk melengkung menyerupai bentuk perahu seperti dapat dilihat pada gambar di samping. Rumahadat lamin merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi kalimantan timur. rumah adat ini dibangun oleh suku asli kalimantan, yaitu suku daya timur. ciri khas rumah adat ini adalah mempunyai corak ornamen suku dayak timur yang terdapat pada bagian-bagian sisi rumah. rumah lamin ini juga merupakan rumah adat terbesar di indonesia. Sukutoraja negara indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat melimpah. selain itu di indonesia juga terdapat suku bangsa yang begitu beragam. salah satunya adalah suku toraja yang berada di sulawesi. suku ini adalah suku yang terbilang unik dibanding suku-suku yang lain yang ada di indonesia. kebudayaan asli yang masih dimiliki suku ini menjadi daya Suku toraja negara indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat melimpah. selain itu di indonesia juga terdapat suku bangsa yang begitu beragam. salah satunya adalah suku toraja yang berada di sulawesi. suku ini adalah suku yang terbilang unik dibanding suku-suku yang lain yang ada di indonesia. kebudayaan asli yang masih dimiliki suku ini menjadi daya

Tongkonan adalah rumah adat khas tana toraja, sulawesi selatan, dengan ciri rumah panggung dari kayu rumah adat tongkonan merupakan rumah adat suku toraja terdapat di sulawesi dimana kolong di bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. bayangkan bahwa rumah adat ini dibangun dengan konstruksi yang terbuat dari kayu tanpa menggunakan unsur logam sama sekali seperti paku. More rumah adat tongkonan merupakan rumah adat suku toraja terdapat di sulawesi images.

Kampung ini merupakan kelompok rumah-rumah adat yang tidak besar, karena di sini hanya terdapat 4 tongkonan (rumah adat). sekalipun begitu satu keistimewaan rumah adat di kampung ini ialah adanya rumah adat yang berumur kira-kira 200 tahun dan sudah berganti atap sampai 3 kali. Rumahadatsulawesi selatan suku toraja atau masyarakat daerah tersebut menyebutnya tongkonan. tongkonan berdiri di atas tumpukan kayu yang biasanya ukiran yang terdapat pada tongkonan ini memiliki 3 warna yaitu warna merah, hitam, dan kuning. Rumahadattoraja, tongkonan dibagi ke dalam 4 jenis. pembagian ini didasarkan pada fungsi tongkonan itu sendiri, yakni: tongkonan layuk, merupakan rumah dimana peraturan serta penyebarannya disusun. tongkonan pakamberan/pakaindoran, rumah adat tongkonan merupakan rumah adat suku toraja terdapat di sulawesi merupakan rumah adat toraja tempat dimana atura-aturan yang telah dibuat dilaksanakan.

Rumahtongkonan adalah rumah adat bagi masyarakat suku toraja dan telah ditetapkan sebagai rumah adat sulawesi selatan. rumah adat ini sangat terkenal bahkan sampai ke penjuru dunia karena keunikan arsitektur serta nilai nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. nah, di artikel kali ini kami akan mengulas keunikan rumah adat suku toraja ini. Penjelasan singkat rumah adat tongkonan asal daerah toraja sulawesi selatan. tongkonan merupakan rumah adat yang berbentuk rumah panggung dari kayu. kolong di bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. bentuk atap rumah tongkonan melengkung dan dilapisi ijuk hitam.

Sampai pada keadaannya yang sekarang rumah adat suku toraja berhenti dalam proses perkembangan. walaupun mengalami perkembangan terus menerus, tetapi rumah adat toraja atau tongkonan tetap mempunyai ciri yang khas. ciri ini terjadi karena pengaruh dari lingkungan hidup dan adat istiadat suku toraja sendiri. Banyak rumah adat yang konon dikatakan tongkonan di sillanan, tetapi menurut masyarakat setempat, bahwa yang dikatakan tongkonan hanya 12 seperti tercatat di atas. rumah adat yang lain disebut banua pa'rapuan. yang dikatakan tongkonan di sillanan adalah rumah adat di mana turunannya memegang peranan dalam masyarakat adat setempat. A. rumah adat tongkonan suku toraja bangunan atau arsitektur mulai dari bangunan rumah adat yang disebut dengan tongkonan hingga bangunan kuburan. rumah adat tongkonan merupakan rumah adat khas sulawesi selatan yang memiliki bentuk yang unik mirip seperti bentuk perahu dari kerajaan cina di zaman dulu.

Rumah Adat Tongkonan Merupakan Rumah Adat Suku Toraja Terdapat Di Sulawesi

Penjelasan singkat rumah adat tongkonan asal daerah toraja sulawesi selatan. tongkonan merupakan rumah adat yang berbentuk rumah panggung dari kayu. kolong di bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. bentuk atap rumah tongkonan. Rumah adat toraja, tongkonan dibagi ke dalam 4 jenis. pembagian ini didasarkan pada fungsi tongkonan itu sendiri, yakni: tongkonan layuk, merupakan rumah dimana peraturan serta penyebarannya disusun. tongkonan pakamberan/pakaindoran, merupakan rumah adat toraja.

Nama rumah adat toraja: dilengkapi gambar dan penjelasan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dapur Omah

2d Kamar Mandi Togel

Tamu Ruang Istana